Senin, 20 Mei 2013

Modul 1. Dasar-Dasar Pemrograman C++

,
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai dasar – dasar pemrograman C++. Pertama kita mulai dari tools yang digunakan, Salah satu tools yang digunakan untuk membuat Pemrograman C++ adalah IDE Visual Studio 2010 , dimana dalam tools ini terdapat beberapa komponen pendukung utama yaitu editor, compiler, linker, dan pustaka (library).


  • Editor merupakan sebuah media atau lingkungan interaktif untuk membuat dan mengedit kode sumber C++. Didalam editor ini juga dilengkapi dengan Syntax highlighting yang bertujuan untuk  membantu programmer dalam membuat dan menganalisa program yang dibuat.
  • Compiler berfungsi untuk mengubah kode objek maupun menjadi file exsekusi dengan ektensi  .exe.
  • Linker berguna untuk menghubungkan berbagai modul yang dihasilkan oleh compiler untuk menambah modul  dari library yang disertai dengan Visual C++.
  • Library merupakan sekumpulan rutin yang dibuat untuk mendukung dan menambah kehandalan bahasa C++ sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.



 1.1 Memulai Pemrograman Microsoft Visual C++ 2010
Supaya lebih memahami mengenai pembuatan program C++ menggunakan visual studio 2010, silahkan lihat video dibawah ini. Pada video, saya menjelaskan bagaimaana membuat program sederhana, mulai dari bagaimana membuat project, file pada Microsoft visual 2010 dan menampilkan data ke layar dengan memanfaatkan perintah “std::cout”.

1.2 Membuat Program dari Templates Win32 Console Application
Pada video dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat project dengan memanfaatkan template win32 console application, serta menampilkan data ke layar.

1.3 Input dan Output Data
Untuk mempelajari bagaimana membuat program input dan output data dalam program C++, silahkan lihat video dibawah ini.

1.4 Memperbaiki Kesalahan sintaks (Syntax Error)
Pada video kali ini saya menjelaskan bagaimana menganalisa syntax error dalam membuat sebuah program, untuk lebih langsung saja lihat video dibawah ini.

1.5 Latihan  Modul 1  
Untuk lebih menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai bagaimana input dan output data dalam program C++, disini saya menyertakan video dengan mengenai pembuatan program untuk menginputkan data daftar riwayat hidup. Cekidot…




0 komentar to “Modul 1. Dasar-Dasar Pemrograman C++”

Posting Komentar