Minggu, 26 Mei 2013

Modul 9. Pembuatan Program Aplikasi Berbasis Windows

,

Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana membuat program C++ berbasis windows (GUI).

9.1      Dasar-Dasar Aplikasi Windows
Langkah – langkah membuat program aplikasi berbasis windows di C++ adalah sebagai berikut :
  1. Buka program Microsoft Visual Studio 2010 dengan cara mengklik tombol Start  |  All Programs | Microsoft Visual Studio 2010  | Microsoft Visual Studio 2010.
  2. Buat sebuah project dengan cara klik menu File | New | Project.
  3. Pilih jenis file project yang akan  dibuat. Pada bagian  Project types  pilih CLR  dan  padabagian  Templates  pilih    Windows  Forms  Application  yang terdapat dalam kotak dialog New Project.
  4. Pada kotak Name isikan dengan nama file Project yang akan dibuat, misalnya Modul 9-1 Atur tempat penyimpanan file dengan menekan tombol Browse yang terdapat pada baris Location. Pastikan check box pada Create directory for solution yang terletak disamping Solution Name dicentang. Klik tombol OK untuk membuat sebuah project yang baru.
  5. Setelah  pengaturan  selesai dilakukan, akan  tampil  lembar kerja baru  yang  telah  dilengkapi dengan  sebuah form. Pada  lembar kerja  inilah  akan  dimasukkan tools yang akan dibuat. 
  6. Untuk menambahkan komponen pada form aplikasi, klik menu Toolbox yang berada disamping kanan dari lembar kerja visual studio atau klik menu View | Toolbox  dari  menu  utama, maka anda akan  melihat daftar komponen yang  bisa ditambahkan pada form aplikasi.
Untuk lebih jelas bagaimana membuat program C++ sederhana berbasis Windows, silahkan lihat pada video tutorial dibawah ini.

9.2   Aplikasi Operator Aritmatika
Operator Aritmatika merupakan operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika didalam bahasa pemrograman C++.
Untuk lebih jelas mengenai pembuatan program aritmatika berbasis GUI, silahkan lihat video tutorial dibawah ini. Dalam video ini operator aritmatika yang di implementasikan adalah sebagai berikut :
Operator Aritmatika


Fungsi Rekursif
Fungsi Rekursif adalah suatu fungsi yang mana dalam proses memecahkan masalah, fungsi ini memanggil fungsinya sendiri. Biasanya fungsi rekursi ini digunakan untuk memecahkan masalah tertentu, dimana solusinya bisa diperoleh dari bentuk permasalahan yang lebih sederhana. Dan solusi dari permasalahan yang lebih sederhana tadi diperoleh dari solusi permasalahan yang lebih sederhana lagi, begitu seterusnya. Fungsi rekursif ini biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman procedural seperti bahasa pemrograman C, C++ dan berbagai bahasa program procedural lainnya. Adapun konsep kerja dari fungsi rekursif ini sendiri adalah, fungsi akan melakukan pemanggilan terhadap fungsinya sendiri sampai proses kondisi terakhir terpenuhi.
Untuk lebih jelas berikut video tutorial implementasi penggunaan fungsi rekursif dalam melakukan perhitungan factorial. 


Sekian Postingan saya, semoga bisa bermanfaat.

0 komentar to “Modul 9. Pembuatan Program Aplikasi Berbasis Windows”

Posting Komentar