Senin, 27 Mei 2013

Tugas Akhir Pemrograman C++ (Sistem Aplikasi Pembayaran Tagihan Listrik)

,


Pada tugas akhir C++ ini saya mengangkat judul program dengan nama “Sistem Aplikasi Tagihan Listrik ” berbasis GUI. Pada program ini juga telah dilengkapi dengan human error, sehingga pada saat program salah melakukan aksi maka akan muncul pesan error.
Dimana pada program ini terdapat 3 proses yang dapat dilakukan diantaranya :

1.      Proses pengecekan ID Pelanggan dan Nama Pelanggan, jika id dan nama sesuai maka program akan memanggil form menu selanjutnya.

2.      Proses Perhitungan Tagihan Listrik, dimana pada proses ini, user diminta untuk memilih jenis daya yang akan dilakukan perhitungan, dimana beban dari masing – masing daya yang ada pada program memiliki harga yang berbeda perbulannya. Setelah user memilih jenis daya , setelah itu user diminta menginputkan nilai meteran awal dan meteran akhir, setelah itu klik tombol “hitung”, maka program akan melakukan perhitunga tagihan listrik. Adapun rumus dari perhitungan tagihan listrik yang digunakan pada program ini yaitu :
Total = ((Meter akhir – Meter awal)*Biaya/KWh)+beban

Proses pembayaran tagihan, dimana user disuruh menginputkan data uang yang dibayar setelah itu klik tombol “hitung” , maka program akan memproses pembayaran dan menampilkan sisa uang pelanggan.

Sekian postingan saya semoga bisa bermanfaat..

2 komentar: