Minggu, 26 Mei 2013

Modul 6. Pengulangan

,
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan pengulangan dalam bahasa pemrograman C++.
Pengulangan adalah suatu proses untuk yang melakukan hal yang sama  secara berulang – ulang. Ada 3 jenis dari pengulangan diantaranya :
1.      Pengulangan While
2.      Pengulangan Do – While
3.      Pengulangan For

6.1      Pengulangan While
Pengulangan while adalah pengulangan dimana kondisi dari proses pengulangan terletak diawal blok pernyataan. Pada pengulangan while blok pernyataan akan ditampilkan secara terus – menerus selama kondisi bernilai benar (true).
Bentuk umum penulisan pengulangan while sebagai berikut :
while(kondisi)
 {
   // blok pernyataan 
 }
Untuk lebih jelas mengenai implementasi pengulangan while dalam bahasa pemrograman C++, silahkan lihat pada video tutorial dibawah ini.

6.2      Pengulangan Do – While
Pengulangan Do – While adalah suatu pengulangan, dimana kondisi dari proses pengulangan terletak diakhir blok pernyataan. Pada pengulangan ini blok pernyataan akan ditampilkan minimal sekali walaupun kondisi tidak terpenuhi (kondisi salah).
Bentuk umum penulisan sintax pengulangan do – while adalah sebagai berikut :
do 
 {
    // blok pernyataan yang dijalankan yang akan diulang
 } 
While (kondisi)
Untuk lebih memahami bagaimana konsep penerapan pengulangan do – while dalam bahasa pemrograman C++, silahkan lihat pada video tutorial dibawah ini.

6.3      Pengulangan For
Pengulangan For biasanya digunakan untuk menangani masalah yang sudah diketahui banyaknya. Adapun bentuk umum penulisan sintaxnya adalah sebagai berikut :
for(variabel = nilai_awal; kondisi; variabel ++) 
         {
// pernyataan yang akan diulang
  }
Untuk memahami konsep dari pengulangan for dalam pemrograman C++, silahkan pahami video tutorial dibawah ini. Pada video saya menerapkan konsep pengulangan for untuk mengurutkan angka secara menaik (increment) dan menurun (decrement).

6.4      Pengulangan For Bersarang
Pengulangan for bersarang maksudnya, kita menambahkan pengulangan lain didalam suatu pengulangan. Adapun bentuk format penulisan for bersarang adalah sebagai berikut :
for(variabel nilai awal; kondisi1 ; variabel++) {
for(variabel nilai kedua; kondisi 2; variabel++) {
for(variabel nilai ketiga; kondisi 3; variabel++)
  pernyataan yang akan diulang
  ……
              }
 }
Konsep kerja dari pengulangan for bersarang, pengulangan pertama akan menyelesaikan pengulangan kedua, setelah itu baru balik lagi kepada pengulangan selanjutnya sampai batas akhir terpenuhi.
Untuk lebih memahami bagaimana menerapkan konsep dari for bersarang dalam pemrograman C++, silahkan lihat pada video tutorial dibawah ini.
Sekian postingnya saya, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

0 komentar to “Modul 6. Pengulangan”

Posting Komentar