Selasa, 29 Januari 2013

Dampak Positif Dan Negatif Pembelajaran Online

,
Untuk postingan kali ini saya akan membahas mengenai dampak positif dan negatif dari sistem pembelajaran online. Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki dampak positif dan negatif begitu juga sistem pembelajaran online yang mulai diterapkan dibeberapa negara pada saat ini termasuk indonesia sendiri. Indonesia sudah mulai menerapkan sedikit demi sedikit sistem pembelajaran secara online. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh warga indonesia untuk menikmati pendidikan dimana saja yang dia suka.

Dampak Positif :
  • Kita bisa mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri dimana pun kita berada,baik dirumah maupun dikampus atau tempat" umum lainnya.sesuai keinginan hati kita masing - masing.
  • Kita bisa belajar baik diruangan tertutup ataupun diruangan yang terbuka,selain itu kita bisa belajar dengan bebas tanpa ada batasan waktu yang biasa ditetapkan untuk setiap mata kuliah di kampus sehingga kita lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen tersebut.
  • Pembelajaran secara online dapat mengefisienkan waktu belajar kita dimana pun kita berada (saat sedang sibuk maupun sedang bersantai-santai). Selain itu dengan pembelajaran secara online membuat para peserta didiknya tidak GapTek dan dapat saling sharing informasi dengan yang lainnya.
  • Pembelajaran online akan memudahkan siswa untuk menikmati pendidikan dimana yang dia inginkan tanpa terkendala oleh biaya, waktu dan tempat.

Dampak Negatif :
  • Banyaknya orang salah mempergunakan waktu belajar online atau kurang memanfaatkan belajar online,banyak kita temukan waktu belajar online membuka facebook,sedangkan GBOnya dibuka hanya untuk absen saja bukan untuk membaca materi atau untuk belajar
  • Banyaknya mahasiswa yang menyalah gunakan sistem belajar online,dan menggunakan waktu belajarnya ini dengan hal-hal yang bisa dibilang kurang penting,dan itu bisa merugikan dirinya sendiri
  • Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran tersebut,sehingga banyak peserta didik yang tidak manfaatkan waktu pembelajaran tersebut dengan sebaik-baiknya. 
  • Kalau tidak adanya bimbingan oleh orang yang ahli maka banyak siswa yang melakukan pembelajaran tersebut tidak maksimal. mungkin hanya ada 1 target yang ingin dicapai siswa tersebut,seperti absen. kalau sudah absen ya sudah, tidak ada upaya nya untuk mencari pembelajaran dalam online tersebut. Selain itu mungkin masih ada juga peserta didik yang masih GapTek,makanya dengan itu diperlukan bimbingan dan pengarahan oleh pendidik.
Sekian Dampak positif dan negatif dari sistem pembelajaran secara online yang dapat saya simpulakan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua...

4 komentar:

  1. Ikut berpendapat yah, saya adalah salah satu anak milenial Indonesia hehe. Perkembangan tekonologi informasi sangat-sangat cepat. Mampukah bimbel online manjadi primadona ? Saya Yess, banyak banget dampak positif yang saya dapatkan dari perkembangan tekonologi ini. Promosi besar-besaran masing-masing perusahan bimbel online menjadi penetu juga banyak siswa siswi untuk mempertimbangkan pilihan mereka. Saya awalnya bingung, sampai akhirnya menjatuhkan hati keruangguru, sejauh ini aplikasinya ngebantu banget, dari latihan soal yang ada aku ga pernah remidi lagi ( saya juga rajin belajar ), aksesnya mudah juga saya bisa bawa kemanapun dimanapun. Boleh kepo aplikasinya dulu saja biar lebih mudah.
    positifnya banyaak banget, apalagi mampu bersaing di musim hujan dan atau kemarau, kita tetep bisa belajar dimanapun.

    BalasHapus
  2. saya pikir adanya bimbel online seperti ruangguru lebih banyak membawa dampak yang positif karena memang bmbel online bertujuan untuk membantu proses belajar siswa untuk masalah hanya ingin absen saja, saya rasa itu kembali kepada kesadaran siswa tersebut terhadap seberapa pentingnya belajar bagi dirinya sendiri, selain itu bimbel online juga menyuguhkan solusi bagi siswa dengan cara belajar yang berbeda satu sama lain.

    BalasHapus
  3. Positifnya memang sangat banyak sekali tetapi yg menjadi masalahnya adalah jika tidak mempunya KUOTA internet yg memadai harus bagaimana?

    BalasHapus