2.1 Tipe Data Dasar
Tipe data berfungsi untuk mereferesentasikan jenis dari sebuah
nilai yang terdapat dalam program. Beberapa Tipe Data Dasar yang telah
didefenisikan dalam C++ diantaranya :
·
Tipe Bilangan Bulat (integer)
Tipe
data bilangan bulat digunakan untuk data-data yang tidak mengandung angka di
belakang koma. Tipe data yang termasuk ke dalam kategori bilangan bulat yaitu int, unsigned int, signed int, short int,
unsigned int, signed short int, long int, signed long int, unsigned long int.
·
Bilangan Real (floating
point)
Tipe data bilangan real
merefresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma. Tipe
data yang termasuk ke dalam kategori bilangan real adalah: float,
double, long double
·
Tipe Logika (Boolean)
Tipe Logika
merepresentasikan data-data yang hanya mengandung dua nilai yaitu benar untuk nilai
1 dan salah untuk nilai 1
·
Tipe Karakter/Teks (character/string).
Tipe
data Karakter/String merepresentasikan data-data berupa karakter . Tipe data
karakter dinyatakan dengan tipe char, sedangkan string merupakan
kumpulan dari karakter dinyatakan sebagai pointer dari tipe char dan
dituliskan dengan char*. Untuk membedakan tipe karakter dan string
adalahtanda pengapitnya. Tipe data string diapit oleh tanda petik ganda (“ ”) dan tipe data karakter diapit oleh tanda
petik tunggal (‘ ’).
Implementasi penggunaan Tipe Data Dasar dalam
pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.
2.2 Konversi Tipe Data
Ada beberapa aturan yang digunakan oleh C++ dalam
mengkonversi tipe data, yaitu:
1. Jika salah satu operand bertipe long double, maka
yang lain dikonversi menjadi long double.
2. Jika salah satu operand bertipe double, maka yang
lain dikonversi menjadi double.
3. Jika salah satu operand bertipe float, maka yang
lain dikonversi menjadi tipe data float.
4. Jika salah satu operand bertipe char, signed char,
unsigned char, unsigned short, maka
yang lain dikonversi ke int.
Implementasi penggunaan konversi tipe data dalam
pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.
2.3 Konstanta
Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat konstan atau
tetap, artinya nilai konstanta adalah tidak dapat di ubah. Salah satu cara
untuk membuat sebuah konstanta yaitu dengan dengan menggunakan kata kunci const.
Identifier
adalah suatu pengenal atau pengidentifikasi yang didekralasikan agar kompiler dapat mengenalinya. Identifier
dapat berupa variabel, konstanta, fungsi, dan kelas.
Implementasi penggunaan konstanta dalam
pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.
2.4 Variabel
Variabel adalah sebuah identifier yang nilainya dapat diubah
sesuai dengan kebutuhan program.
Jenis Variabel ada dua yaitu :
- Variabel Global, yaitu variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program. variabel global biasanya dideklarasikan di luar fungsi utama.
- Variabel local, yaitu variabel yang hanya dikenali oleh suatu fungsi saja, artinya variabel lokal tidak dikenal oleh lingkungan luar di dalam program yang dibuat. Variabel lokal harus berada dalam lingkup fungsi tertentu.
Implementasi penggunaan variabel dalam
pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.
2.5 Latihan Tipe Data
Untuk menambah pengetahuan kita tentang penggunaan tipe data
dalam bahasa C++, maka pada video dibawah ini, saya membuatkan program untuk
menentukan range minimum dan maksimum dari suatu tipe data.
Sekian
postingan saya, semoga bisa bermanfaat.