Senin, 20 Mei 2013

Modul 2. Tipe Data, Konstanta & Variabel

,
2.1    Tipe Data Dasar
Tipe data berfungsi untuk mereferesentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program. Beberapa Tipe Data Dasar yang telah didefenisikan dalam C++ diantaranya :
·         Tipe Bilangan Bulat (integer)
Tipe data bilangan bulat digunakan untuk data-data yang tidak mengandung angka di belakang koma. Tipe data yang termasuk ke dalam kategori bilangan bulat yaitu int, unsigned int, signed int, short int, unsigned int, signed short int, long int, signed long int, unsigned long int.
·         Bilangan Real (floating point)
Tipe data bilangan real merefresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma. Tipe data yang termasuk ke dalam kategori bilangan real adalah: float, double, long double
·         Tipe Logika (Boolean)
Tipe Logika merepresentasikan data-data yang hanya mengandung dua nilai yaitu benar untuk nilai 1 dan salah untuk nilai 1
·         Tipe Karakter/Teks (character/string).
Tipe data Karakter/String merepresentasikan data-data berupa karakter . Tipe data karakter dinyatakan dengan tipe char, sedangkan string merupakan kumpulan dari karakter dinyatakan sebagai pointer dari tipe char dan dituliskan dengan char*. Untuk membedakan tipe karakter dan string adalahtanda pengapitnya. Tipe data string diapit oleh tanda petik ganda (“  ”) dan tipe data karakter diapit oleh tanda petik tunggal (‘  ’).
Implementasi penggunaan Tipe Data Dasar dalam pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.

2.2    Konversi Tipe Data
Ada beberapa aturan yang digunakan oleh C++ dalam mengkonversi tipe data, yaitu:
1. Jika salah satu operand bertipe long double, maka yang lain dikonversi menjadi long  double.
2. Jika salah satu operand bertipe double, maka yang lain dikonversi menjadi double.
3. Jika salah satu operand bertipe float, maka yang lain dikonversi menjadi tipe data float.
4. Jika salah satu operand bertipe char, signed char, unsigned char, unsigned short,  maka yang lain  dikonversi ke int.
Implementasi penggunaan konversi tipe data dalam pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.

2.3   Konstanta
Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat konstan atau tetap, artinya nilai konstanta adalah tidak dapat di ubah. Salah satu cara untuk membuat sebuah konstanta yaitu dengan dengan menggunakan kata kunci const.
Identifier adalah suatu pengenal atau pengidentifikasi yang didekralasikan  agar kompiler dapat mengenalinya. Identifier dapat berupa variabel, konstanta, fungsi, dan kelas.
Implementasi penggunaan konstanta dalam pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.

2.4   Variabel
Variabel adalah sebuah identifier yang nilainya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan program.
Jenis Variabel ada dua yaitu :
  • Variabel Global, yaitu variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program. variabel global biasanya dideklarasikan di luar fungsi utama.
  • Variabel local, yaitu variabel yang hanya dikenali oleh suatu fungsi saja, artinya variabel lokal tidak dikenal oleh lingkungan luar di dalam program yang dibuat. Variabel lokal harus berada dalam lingkup fungsi tertentu.
Implementasi penggunaan variabel dalam pemrograman C++ dapat dilihat pada video dibawah ini.


2.5 Latihan Tipe Data
Untuk menambah pengetahuan kita tentang penggunaan tipe data dalam bahasa C++, maka pada video dibawah ini, saya membuatkan program untuk menentukan range minimum dan maksimum dari suatu tipe data. 



Sekian postingan saya, semoga bisa bermanfaat.

0 komentar to “Modul 2. Tipe Data, Konstanta & Variabel”

Posting Komentar